eko indra eko indra Author
Title: VOIDING CYSTOURETHROGRAPHY (VCUG)
Author: eko indra
Rating 5 of 5 Des:
VCUG merupakan pemeriksaan minimal invasif yang menggunakan teknologi  x-ray  yang disebut fluoroskopi untuk memvisualisasikan saluran ...



VCUG merupakan pemeriksaan minimal invasif yang menggunakan teknologi x-ray yang disebut fluoroskopi untuk memvisualisasikan saluran kemih dan vesica urinaria. European Association of urology (EAU) sepakat jika pemeriksaan ini dilakukan jika pada pemeriksaan USG ditemukan adanya kelainan korteks ginjal (lapisan terluar ginjal tipis), hidronefrosis bilateral (bengkak kedua ginjal) dengan grade tinggi, ureterocele, dilatasi ureter, atau abnormalitas vesicaurinaria.
Pada pemeriksaan ini, pasien tidak dibius karena kita akan menilai fungsi dari saluran kemih. Orang tua dapat diikutsertakan dalam pemeriksaan ini.

Teknik pemeriksaan  :
- Pasien posisi terlentang (supine)
- Kosongkan kandung kemih dengan kateter sesuai ukuran uretra anak
- Insersi feeding tube (NGT) no. 5 hubungkan dengan drip kontras (Nacl : Iopamiro 1:1) dengan tetesan secepatnya
- Masukkan kontras dengan maksimal pengisian sesuai dengan kapasitas buli (Umur+2)x30 ml. Pengukuran kapasitas Buli dapat dilihat di sini.
- Perhatikan monitor fluoroscopy/C-arm, apakah terdapat reflux contras (aliran kontras menuju ureter dan ginjal)? pada pengisian berapa ml hal tersebut terjadi? Grading Hidronefrosis?
- Buat tabel pemeriksaan untuk mendokumentasikan pemeriksaan ini.
- Kosongkan kandung kemih, tindakan selesai













Semoga Bermanfaat,
Medan, Juni 2018


About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top