eko indra eko indra Author
Title:
KLINIK KONSULTASI

Author: eko indra
Rating 5 of 5 Des:
Halaman ini memang didedikasikan sebagai sarana berkonsultasi tentang masalah kesehatan. Baik anda yang mencoba mendapatkan informasi tamb...

Halaman ini memang didedikasikan sebagai sarana berkonsultasi tentang masalah kesehatan. Baik anda yang mencoba mendapatkan informasi tambahan maupun second opinion atas penyakit yang anda alami atau rekan-rekan sejawat dokter maupun adik-adik yang tengah menjalani program pendidikan di Fakultas kedokteran maupun pendidikan kesehatan lainnya.

Barangkali dengan semua keterbatasan, Saya bisa sedikit membantu permasalahan Anda.
Caranya, kirimkan email anda ke indrapee.senseheal@blogger.com


Pertanyaan 1
epg : minta saran tentang penyakit buerger

Jawaban :
Sebelumnya saya ingin sedikit merewiew sedikit informasi tentang Buerger's Disease. Penyakit Buerger merupakan suatu peradangan pada pembuluh darah arteri dan vena serta saraf pada tungkai yang menyebabkan gangguan aliran darah. Jika tidak diobati dapat menyebabkan gangren pada daerah yang dipengaruhinya. Penyakit Buerger dikenal juga sebagai tromboangitis obliteran.

Penyebab penyakit ini belum diketahui secara jelas. Penyakit ini sering diderita pria dewasa muda hingga usia pertengahan (20-40 tahun) terutama perokok berat. Penyakit ini jarang ditemukan pada bukan perokok, oleh sebab itu merokok merupakan suatu faktor penyebab timbulnya penyakit ini. Kira-kira 40% penderita memiliki riwayat peradangan pembuluh vena (flebitis) yang berperan penting dalam perkembangan penyakit Buerger. Penyakit ini terutama terjadi pada tungkai, tetapi dapat terjadi pada lengan. Gejala awal berupa menurunnya aliran darah (iskemia pada arteri) serta peradangan pembuluh darah superfisial (di bawah permukaan kulit). Gejala utama adalah rasa sakit pada daerah yang dipengaruhinya. Timbulnya penyakit ini secara perlahan-lahan dan pertamakali timbul pada tungkai dan lengan. Peradangan terjadi pada arteri dan vena berukuran sedang dan kecil di permukaan tubuh. Pada kasus yang lebih lanjut, pembuluh darah pada bagian lain tubuh dapat juga dipengaruhi. Terjadi penurunan aliran darah secara progresif pada daerah yang dipengaruhi. Denyut nadi pada tungkai sangat lemah atau tidak teraba. Aliran darah yang sangat berkurang dapat menyebabkan gangren yaitu matinya jaringan tubuh akibat aliran darah yang sangat terbatas. Penderita mengeluh rasa dingin pada ujung-ujung lengan yang mirip dengan gejala penyakit Raynaud. Pada keadaan ini, warna kulit lengan berubah warna menjadi putih, biru dan merah jika terpapar dengan udara dingin.

Saya sangat prihatin melihat keadaan anda, semoga dapat tetap sabar dan dapat terus berkarya.
Hal pertama sudah anda lakukan dan memang wajib hukumnya untuk siapapun yang menderita penyakit ini adalah dengan benar-benar stop merokok. Karena walaupun hanya satu batang atau dua batang anda merokok, akan menyebabkan proses penyakit berjalan progresif.
Hal lain yang perlu anda lakukan adalah :
1.Gunakan selalu sepatu yang melindungi kaki dari trauma fisik, suhu, maupun bahan kimia
2.Segera obati jika terdapat luka sekecil apapun sebelum terjadi infeksi yang makin meluas
3.Hindari cuaca dingin
4.Hindari konsumsi obat-obatan sembarangan yang bisa menyebabkan menyempitnya pembuluh darah (inilah perlunya anda selalu berkonsultasi dengan dokter pribadi yang selama ini sudah mengetahui riwayat penyakit Bapak)

slm,

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top